Tips Merawat Rantai Sepeda Dengan Pelumas Agar Awet

Tips Merawat Rantai Sepeda Dengan Pelumas Agar Awet - Halo sobat GL, selamat datang kembali  bersama Gowes Lovers, info sepeda masa kini yang up-to-date. Kegemaran dalam bersepeda masa kini semakin ramai. Mulai dari usia senja dan belia antusias dalam kegiatan ini. Bisa dibilang bersepeda adalah salah satu olahraga yang sederhana dan bisa dilakukan semua orang. Selain menjadikan badan dan pikiran fresh, bersepeda juga berperan penting mengurangi dampak polusi udara. Dalam hal ini mari kita kurangi berkendara menggunakan kendaraan bermesin dan beralih ke yang ramah lingkungan tepatnya dengan bersepeda.

Bilamana bersepeda sudah menjadi kegiatan yang dicintai dan sudah menjadi hobi, pastinya kalian tidak ingin sepeda kesayangan cepat rusak. Beberapa komponen sepeda tidak tertutup pelindung dan terpapar langsung oleh kondisi luar, misalkan saja bagian rantai. Hal ini dapat menyebabkan rantai sepeda tidak awet, mudah berkarat dan cepat rusak. Nah, pada kesempatan kali ini Gowes Lovers akan memberikan tutorial Tips Merawat Rantai Sepeda Dengan Pelumas Agar Awet. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak penjelasan berikut ini.



tips-merawat-rantai-sepeda-dengan-pelumas-agar-awet


Fakta Pelumas Rantai Sepeda

Banyak sekali berbagai minyak pelumas rantai sepeda yang tersedia di seluruh Indonesia. Ini menandakan bahwa negara kita juga penghasil minyak dengan berbagai produk unggulannya. Indonesia itu adalah negara kaya penghasil minyak bukan cuma minyak bumi, menanam pohon pun bisa jadi minyak, contoh Kelapa Sawit. Makanya Kelapa Sawit dibudidayakan di Indonesia karena merupakan devisa negara. Nah, kandungan yang terdapat pada pelumas rantai juga ada minyak sawitnya loh. 

Intinya adalah tekstur yang terdapat pada minyak berguna memberi kesan halus dan lembab pada benda. Itu sama halnya pada pelumas rantai yang memberikan keawetan dan kondisi tidak kering/tidak berkarat. Namun beberapa masyarakat saat kondisi darurat menggunakan minyak goreng baru untuk melumasi rantai. Maka dari itu gunakanlah pelumas rantai yang terjamin kualitasnya kalau bisa produk dalam negeri. 

Tahap-Tahap Merawat Rantai Sepeda 


Membersihkan Rantai Sepeda

  • Bersihkan kotoran yang menempel pada rantai sampai bersih
  • Gunakan air hangat agar kotoran mudah hilang
  • Pemakaian sikat yang masih kaku sangat dianjurkan
  • Pastikan seluruh kaitan pada rantai bersih dari kotoran
  • Setelah bersih selanjutnya keringkan rantai dengan lap kering

Cara Melumasi Rantai Sepeda

  • Setelah rantai benar-benar kering langsung aja diberi pelumas rantai
  • Dianjurkan menggunakan pelumas untuk rantai dengan kualitas baik
  • Jangan terlalu banyak melumasi rantai dengan pelumas agar debu dan kotoran tidak menempel
  • Pastikan yang dilumasi adalah bagian pin dan bearing tengah rantai bukan bagian luar rantai
  • Lap bagian rantai jika ada pelumas yang berlebih dengan kain kering

Fungsi Pelumas Selain Untuk Rantai

Selain digunakan untuk melumasi rantai sepeda, ternyata pelumas rantai bisa dugunakan untuk melumasi komponen sepeda lainnya loh. Seperti pada bagian yang selalu terjadi gesekan saat bersepeda, contoh bearing pedal, sprocket, bearing hub, dll. Fungsi lain dari pelumas ini adalah bisa dijadikan sebagai pomade frame/rangka sepeda biar kelihatan glossy alias mengkilat. Namun bukan cuma minyak doang ya, harus dicampur dengan bahan lain seperti air dan pewangi biar gak bau minyak.

Demikian info dari Gowes Lovers tentang Tips Merawat Rantai Sepeda Dengan Pelumas Agar Awet. Semoga info ini bermanfaat bagi kalian semua, selalu kunjungi goweslovers.com biar gak ketinggalan info up-to-date nya. Tak lupa saya ucapkan terima kasih sudah mampir di sini, Salam Gowes.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel