Tips Merawat Sepeda

Tips Merawat Sepeda - Salam Gowes Guys...!!! Memiliki sebuah sepeda idaman adalah dambaan bagi semua orang. Apalagi orang tersebut mempunyai hobi seputar tentang sepeda. Entah itu atlit sepeda, pecinta komunitas sepeda atau hanya sekedar ingin memiliki saja untuk kebutuhan atau gaya hidup. Namanya saja hobi sepeda, apapun sepeda incarannya pasti akan dibelinya, berapapun harganya.
Bicara mengenai harga sepeda memang tidaklah murah untuk orang yang serba pas-pasan. Apalagi suku cadang sepeda yang juga tidak murah harganya. Sungguh disayangkan loh kita mempunyai sepeda bagus yang harganya mahal rusak begitu saja. Entah itu sembarangan dalam merawat sampai berkarat ataupun lecet karena sembarangan dalam penggunaannya. Banyak cara dan tips merawat sepeda agar sepeda kita tetap awet dan selalu bersih. Pasti enak dipandang kan jika memiliki sepeda yang awet dan juga bersih. Ingat karena kebersihan itu sebagian dari iman. Kali ini saya ingin berbagi info tentang apa saja dan bagaimana poin poin penting tips merawat sepeda.

Tips Merawat Sepeda

1. Mencuci




Mencuci sepeda adalah bagian dari tips merawat sepeda agar awet dan selalu terlihat bersih. Namun dalam mencuci sepeda ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Jika sembarangan dalam mencuci sepeda maka bukannya awet malah sebaliknya cepat rusak.

Pertama, yang harus dilakukan sebelum mencuci adalah melepas aksesoris ataupun komponen sepeda seperti lampu, kabel, speedometer dan lainnya.

Kedua, Pakailah alat pembersih seperti lap dan sikat yang lembut agar bagian yang dibersihkan tidak mudah lecet. Hindari penyemprotan air langsung ke seluruh body sepeda. Karena dikhawatirkan air akan membuat karat di dalamnya.

Ketiga, saat membersihkan rantai dan gir, gunakan lap basah yang sudah diberi sabun lalu putarkan pedal, dengan posisi kain lap menempel ke rantai hingga kotoran pada rantai rontok. Bersihkan crank (gir depan, lengan pedal dan pedal) dengan sikat yang sudah dibasahi dengan air sabun, sikat secara merata dan teliti sehingga semua bagian penggerak depan terkena air sabun dan kotoran terlepas.

Keempat, Pakailah kain yang dibasahi air sabun lalu gosokkan secara merata ke bagian frame, handlebar, bagian tube atas (frame atas), seatways (frame belakang), kabel pemindah gigi dan kabel rem.

Kelima, Melepaskan kedua roda depan belakang sepeda, lalu membersihkan bagian roda depan dan roda belakang, terutama pada bagian ruji/jari-jari dan cakram.

2. Pemolesan

Tahap mencuci sudah cukup. Tips merawat sepeda berikutnya adalah tahap pemolesan biar lebih kinclong guys.

Pertama, supaya kerangka sepeda terlihat mengkilat gunakanlah pelapis body cat agar menjaga warna kerangka tetap mengkilat dan tidak pudar.

Kedua, bagian-bagian penting sepeda gunung yang harus diberi pelumas adalah bagian rantai, shifter, sistem pengerak roda depan dan belakang (FD-RD), pedal dan lengan pedal.
Gunakan pelumas yang bagus jangan menggunakan oli bekas, gunakan cairan pelumas yang khusus untuk rantai.

Ketiga, gunakan semir ban untuk lebih memperindah penampilan sepeda anda. Karena ban merupakan salah satu komponen dominan sepeda.

3. Pengecekan

Tips merawat sepeda yang terakhir adalah selalu mengecek komponen-komponen sepeda, seperti ban, putaran roda, sistem rem, rantai, cakram, suspensi fork dan lain sebagainya. Hal ini perlu dilakukan agar dalam melakukan aktivitas bersepeda selalu dalam keadaan aman. Jika anda bisa melakukan pengecekan bagian bagian sepeda sendiri itu sangat hebat. Namun jika tidak bisa melakukan sendiri, persiapkan uang lebih dan datanglah ke bengkel sepeda yang terpercaya agar hasilnya memuaskan.
Demikian dulu artikel mengenai Tips Merawat Sepeda dari saya,, semoga bermanfaat..Salam Gowes Guys..!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel