Tips Memilih Sepeda

Tips Memilih Sepeda - Kegiatan bersepeda akhir-akhir ini sudah menjadi sebuah trend bagi masyarakat. Demi memenuhi sebuah hobi yang dicintai masyarakat, budget berapapun akan dikeluarkan demi memiliki sepeda impiannya. Banyak sekali di pasaran menyediakan aneka sepeda dengan harga bervariasi. Karena banyaknya variasi, merk dan harga yang ditawarkan kepada pembeli, masih banyak yang bingung untuk memilih sepeda. Semua itu juga tergantung kemampuan budget yang dimiliki. Lantas bagaimana tips memilih sepeda yang cocok sesuai kebutuhan anda. Berikut saya akan menjelaskan beberapa faktor dalam memilih sepeda.





Tips Memilih Sepeda

1. Budget

Tips memilih sepeda yang pertama adalah menentukan dulu kemampuan budget anda. Banyak sekali tipe-tipe sepeda dengan harga yang bervariasi. Jika anda sudah menyediakan budget, anda tak perlu bingung lagi untuk membeli sepeda sesuai budget yang anda miliki. Misalnya mempunyai budget 1 juta, carilah sepeda dengan harga tersebut atau di bawahnya. Jangan memaksa membeli sepeda yang harganya di atas budget anda, bisa-bisa anda akan rugi.

2. Jenis Sepeda

Tips memilih sepeda yang kedua adalah mengenali jenis-jenis sepeda. Banyak dipasaran memperjualbelikan jenis-jenis sepeda. Berikut adalah jenis-jenis sepeda yang dimaksud:


Sepeda Gunung

Sepeda gunung pada umumnya memiliki kerangka yang terbuat dari baja, aluminium atau komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic). Selain itu, sepeda gunung juga menggunakan shock breaker untuk meredam getaran atau goncangan saat melintas jalanan yang tidak baik atau terjal. Ban yang dipakai pada sepeda gunung adalah ban yang dirancang agar dapat mencengkeram tanah/lintasan dengan kuat supaya tidak mudah tergelincir.


Road Bike

Jenis sepeda yang satu ini kebanyakan dipakai untuk event balapan di jalanan yang mulus. Bobot sepeda ini sangat ringan, fitur bannya juga halus dan setangnya melengkung ke bawah setengah lingkar. Sepeda ini memang dirancang supaya dapat dikendalikan dengan kecepatan tinggi dan memudahkan pengemudi untuk berbelok di jalanan yang mulus.


BMX Bike

Desainnya yang simpel dan minimalis membuat sepeda BMX satu ini sering banyak dipakai oleh kalangan anak-anak muda. Namun, sepeda ini kebanyakan juga sering dipakai orang dewasa untuk melakukan atraksi freestyle.


City Bike

Selaras dengan namanya, city bike dibuat sebagai sepeda untuk dipakai melintasi jalanan kawasan perkotaan. Bahkan, terkadang sepeda ini juga dilengkapi dengan asesoris lainnya seperti keranjang dan juga tempat boncengan. Desainnya sederhana dan tidak banyak fitur yang tersemat pada sepeda ini.


3. Hard Trail atau Full Suspension

Tips memilih sepeda yang ketiga adalah mengenali istilah hard trail dan full suspension. Hard trail adalah jenis sepeda yang memiliki suspensi di bagian depan tepatnya di shock depan. Sangat dianjurkan bagi pemula memilih sepeda hard trail. Alasannya karena untuk membiasakan bersepeda dengan bobot yang ringan mudah dikendalikan dan perawatan yang mudah. Full suspension berarti sepeda yang memiliki suspensi bagian depan dan belakang. Disarankan bagi anda memilih sepeda full suspension jika sudah memiliki jam terbang tinggi dalam mengendalikan sepeda yang susah untuk dikendalikan ini.


4. Komponen Sepeda

Tips memilih sepeda yang berikutnya adalah anda perlu mengerti mengenai komponen-komponen sepeda yang ingin anda beli. Memang terasa tidak gampang membandingkan sebuah komponen sepeda satu dengan yang lainnya. Sesuaikan komponen-komponen sepeda yang anda butuhkan dengan pertimbangan budget yang anda milliki. Pertimbangkan komponen sepeda bagian rim, fork, rear derailleur dan hub karena itu bagian yang paling penting dalam memilih.

5. Minta Saran

Tips memilih sepeda selanjutnya adalah anda menanyakan dahulu review mengenai sepeda kepada ahlinya ahli, intinya inti. Jangan malu untuk mencari ilmu, karena malu bertanya sesat dijalan. Sering seringlah bertukar informasi dan sharing kepada grup/komunitas sepeda, karena itu sangat membantu. Tanyakanlah tentang review sepeda yang hendak anda beli, mengenai komponen, spare part, dll. Dengan demikian anda akan mendapatkan pencerahan dan pemahaman.

6. Test Drive

Tips memilih sepeda selanjutnya adalah mencoba dan melakukan tesr drive sepeda yang hendak anda beli. Hal ini sangat berguna karena anda bisa langsung merasakan kinerja sepeda. Rugi kan jika kita sudah membeli sepeda dengan harga tinggi namun setelah itu ada ketidaknyamanan masalah sepeda.

Mungkin demikian dulu artikel mengenai Tips Memilih Sepeda dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda. Salam Gowes guys..!!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel