Tips Bersepeda Untuk Pemula

Tips Bersepeda Untuk Pemula - Apa kabar salam gowes guys, Bagaimana kegiatan bersepeda kalian? Semoga kegiatan bersepeda kalian menjadi sebuah kegiatan rutin. Karena kita tahu bahwa kegiatan ini besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Manfaat kegiatan bersepeda lainnya yakni dapat mengurangi tingkat pencemaran atau polusi udara yang semakin parah karena masih banyak orang berkendaraan mesin/motor. Sudah membuat macet jalan, polusi, belum lagi bayar pajak surat kendaraan, iya kan? Kegiatan bersepeda memang kegiatan yang sederhana, praktis, menyehatkan, anti polusi juga anti pajak kendaraan, ya meskipun sebagai masyarakat yang baik adalah masyarakat yang patuh dan juga taat soal pajak.
Dalam kesempatan ini saya akan mencoba sharing, berbagi pengalaman dan penjelasan tentang bagaimana Tips Bersepeda Untuk Pemula. Perlu diingat bahwa tulisan ini dikhususkan untuk pecinta sepeda kelas pemula bukan untuk jagoan yang sudah profesional. Hal pertama yang perlu diketahui pemula tentang sepeda MTB yakni komponen/sparepart sepeda. Bagian ini sangat penting dan perlu dicek sebelum bersepeda, khususnya bagi pemula.





Tips Bersepeda Untuk Pemula

  • Suspensi

Bagi kalian para penggiat sepeda kelas pemula yang memakai jenis MTB, untuk bagian suspensi depan perlu pengecekan terlebih dahulu jika kalian hendak bersepeda. Jika kalian menggunakan sepeda untuk harian atau sekedar untuk refreshing semata, disarankan untuk kalian menyetel bagian suspensi agar dibuat keras saja supaya mengurangi daya pantul suspensi itu sendiri. Hal ini bertujuan agar kita tidak mudah lelah ataupun capek/pegal, karena suspensi yang daya pantulnya tinggi (empuk) membuat laju sepeda menjadi berat.

  • Shifter

Tips bersepeda berikutnya yang tak kalah penting adalah memahami betul bagian shifter (pemindah/pengoper gigi gear) yang letak saklarnya berada di bagian kiri dan kanan handlebar (stang). Komponen satu ini memiliki peran sangat penting saat kita berkendara, fungsi utama yakni untuk mengatur ritme kecepatan berkendara dan pedalling. Saklar/ tombol shifter memiliki 4-6 operan, biasanya tombol shifter bagian atas berfungsi untuk menaikkan rantai dari gear ke gear yang artinya membuat ringan ritme pedalling. Sementara tombol/saklar bawah pada shifter berfungsi untuk menurunkan rantai yang artinya membuat berat ritme pedalling. Jadi pada dasarnya fungsi shifter diimplementasikan tergantung kebutuhan anda masing-masing. Jika ingin laju sepeda cepat namun ritme pedal berat pencet tombol shifter bagian bawah secara berkala. Begitu juga sebaliknya jika ingin laju lambat namun ritme pedal ringan pencet secara bertahap shifter yang atas.

  • Rem

Tips bersepeda selanjutnya yang penting sekali untuk kalian pahami adalah memahami sistem kinerja pengereman. Pasti kalian sudah paham betul apa itu rem dan fungsinya untuk apa, yaps untuk menghentikan laju roda. Akan tetapi ada tips tersendiri memakai rem saat bersepeda. Handle  rem di bagian kiri handlebar (stang) adalah rem belakang, sementara handle kanan adalah rem bagian depan. Usahakan dalam mengerem jangan menggunakan bagian sebelah saja, gunakan rem depan dan belakang agar seimbang sehingga daya cengkeram rem tidak boros. Ada dua jenis sistem pengereman pada sepeda MTB, yakni mekanik brake dan hidrolik brake. Keduanya sama-sama rem cakram  namun khusus hidrolik brake perlu pengisian oli rem, sementara mekanik brake tidak.


Jadi Tips Bersepeda Untuk Pemula pada prinsipnya ada 3 point (sebagai perkenalan supaya akrab) Ketiga komponen penting pada sepeda yang perlu diketahui, yakni Suspensi, Shifter dan Rem. Untuk selanjutnya akan ada pembahasan lain mengenai komponen sepeda lainnya, makanya simak terus update dari saya.
Demikian tips dan info dari saya, saya harap dapat memberi hal positif bagi para pecinta sepeda terutama yang masih kelas pemula. Semoga bermanfaat, Salam Gowes Guys..!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel