Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

Salam Gowes Guys. Bagaimana kabar anda sekarang? Pastinya sehat selalu kan?Salah satu kegiatan olahraga yang cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh orang banyak adalah dengan bersepeda. Selain menjadi wadah untuk berolahraga, bersepeda juga dilakukan untuk refreshing, menghilangkan beban pikiran. Bersepeda memang kegiatan simpel namun mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.  Selain sebagai wadah olahraga yang murah, sepeda nyatanya juga ramah lingkungan dan anti polusi. Rutin dalam bersepeda membuat tubuh menjadi sehat dan bugar karena tubuh kita bergerak aktif. Sebagaimana kita tahu bahwa syarat tubuh yang sehat adalah tubuh yang gerak aktif. Kali ini saya akan memaparkan poin-poin penting manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh, berikut penjelasannya;




Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

  • Meningkatkan Kekuatan Otot Kaki

Manfaat paling krusial bersepeda adalah meningkatkan kekuatan otot bagian kaki, karena dengan bersepeda kaki kita bergerak akti. Namun tidak hanya kaki, bagian tubuh lain juga merasakan dampaknya, sehingga ada koordinasi keseimbangan tubuh menjadi fleksibel.

  • Menjaga Sendi Tetap Fleksibel

Selain meningkatkan kekuatan otot, bersepeda juga menjadikan sendi kita tidak kaku (fleksibel). Dengan bersepeda tubuh kita dipaksa bergerak, akibatnya sendi terutama bagian lutut, tungkai, pergelangan tangan dan kaki juga ikut bergerak sehingga menjadikannya tidak kaku.

  • Menjaga Berat Badan

Bersepeda dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Hal itu sangat baik untuk menjaga berat badan yang ideal. Iringi juga dengan pola makan seimbang agar terhindar dari kegemukan.

  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan kinerja jantung dan pembuluh darah. Maka dari itu bersepeda sangat membantu dalam menstabilkan kinerja jantung dan paru-paru, meningkatkan sirkulasi darah. Jika teratur melakukan aktivitas sepeda (30 menit setiap hari) maka kadar kolesterol akan menurun dan mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah. Kinerja jantung mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh juga lancar sehingga terhindar dari serangan jantung, tekanan darah tinggi dan stroke.

  • Mengurangi Stres

Melakukan kegiatan bersepeda menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang dinamakan endorfin. Hormon ini memicu rasa tenang dan nyaman sehingga dapat mempengaruhi pikiran menjadi tenang. Pemandangan indah yang terlihat saat bersepeda turut mempengaruhi juga.

  • Menyehatkan Tulang 

Bagi penderita osteoporosis, bersepeda sangat dianjurkan sebagai wadah terapi. Sendi yang kaku dan tulang rapuh akan terlatih berkat kinerja otot yang aktif. 

  • Menurunkan Resiko Kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan bersepeda dapat menurunkan resiko kanker. Mengapa demikian? Kita tahu bahwa bersepeda membuat badan sehat dan bugar. Nah, saat kondisi tubuh tetap sehat dan bugar itulah dapat terhindar dari penyakit termasuk kanker.

Demikian poin-poin manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga meski sudah lanjut usia. Dengan bersepeda adalah salah satu cara mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Semoga apa yang saya sampaikan dalam bentuk tulisan ini memberikan manfaat bagi anda. Salam gowes!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel